Social Icons

Pages

Friday, September 16, 2011

The Viceroy Story : 1st Time Private CG

Jumat, 16 September 2011

Hari ini adalah hari pertama dimana CG (Connect Group) Pro 5 melakukan CG-nya sendiri tanpa digabung dengan CG lain dan tentunya ini adalah pertama kalinya kita private CG after multiplication. Excited?? of course Dhie excited, but serem, takut dan menengangkan juga karena ini adalah hari dan pertama kalinya buat Dhie untuk mimpin CG tanpa ada bayang - banya ketua CG lagi karena secara Dhie adalah the leader of this CG, so responsible-nya pun jauh lebih tinggi maka dari itu sedikit takut, tegang dan worry, but Dhie serahkan semuanya sama GOD and thankfully everything works very nice, thank you Jesus so much.

Puji Tuhan yang datang lebih dari perkiraan, kurang lebih jumlahnya adalah 8 orang yaitu ada Dhie, Citra, Diana, Susan, Willy, Hendra, Danny & Jeffry. Unfortunately 2 pilar di CG ini tidak bisa ikutan karena harus pulang ke kampung halamannya dan mereka adalah Ricky dan Dyanne (mereka pulang karena mau "mengikat" sesuatu hehehe ;p). Thanks GOD walaupun cuma ber-8, tetapi CG-nya berjalan sangat nice and fun, although kita PaW tanpa menggunakan gitar. Untuk pertama kalinya semenjak Dhie gabung sama GMS, ini adalah kali pertama dimana CG tanpa menggunakan gitar. Jujur keadannya itu strange and weird, but mau bagaimana pun kondisinya show must go on... jadi tetep kita tancap untuk melakukan PaW, overall was nice, but still need more improvement. Thanks GOD next week kita sudah pemain gitar dan dia adalah seorang perempuan bernama Susan, fiuh thanks GOD di CG ini ternyata ada yang bisa main gitar hehehe... hopefully kedepannya semakin banyak orang yang dibangkitkan di CG ini untuk bisa bermain gitar hehehe...

Sharing yang dibawakan adalah tentang memahami SHAPE pelayanan. SHAPE itu berarti :
S = Spiritual Gifts
H = Heart
A = Ability
P = Personality
E = Experience

Kelima hal itu adalah cara untuk menemukan pelayanan yang tepat. Kelima hal tersebut juga bisa dipakai untuk menemukan pekerjaan yang tepat di dunia kerja. So.... SHAPE ini berguna baik untuk pelayanan di gereja maupun di dunia.

Spiritual Gifts itu adalah karunia rohani. Tuhan memberikan karunia rohani kepada semua orang percaya. Ini adalah kemampuan khusus yang diberikan Allah kepada orang percaya untuk melayani Dia. Karunia rohani diterima bukan sebagai upah kerja atau upah ketaatan, karunia ini diberikan cuma - cuma sama Tuhan maka dari itu namanya adalah gift (karunia). Tentunya karunia rohani tidak diberikan untuk kebaikan kita sendiri tapi untuk kebaikan orang lain juga. Allah membentuk seperti ini agar kita saling membutuhkan. Jadi karunia diberikan sama Tuhan untuk melayani-Nya dan melayani sesama juga.

O ya ada dua hal yang perlu diingat kalau kita itu tidak boleh iri dengan karunia rohani orang lain karena kita diciptakan dengan karunia yang berbeda - beda, si A diciptakan dengan karunia A dan si B diciptakan dengan karunia B, kenapa dibuat berbeda? karena agar kita saling melengkapi dan saling membutuhkan dan perbedaan inilah yang membuat kehidupan ini jadi lebih indah. So... jangan pernah iri dengan karunia orang lain karena kita pun sudah punya karunia lain yang telah diberikan Tuhan. Hal kedua yang perlu diingat adalah berharap orang lain memiliki karunia - karunia kita, example : kalau si B ga bisa nyanyi yah jangan dipaksa untuk seperti kita yang bisa nyanyi dengan bagus, biarkanlah si B bertumbuh dan berbuah dengan karunia yang diberikan Tuhan atas kehidupannya.

Heart itu adalah hati (ya iyalah masa iya iya donk hehehe...). Hati menggambarkan sekumpulan keinginan, harapan, minat, ambisi, impian dan kasih yang anda miliki. Hati anda mewakili sumber segala motivasi anda yaitu apa yang anda suka kerjakan dan apa yang paling anda pedulikan. Ada hal - hal tertentu yang terhadapnya anda merasa bergairah dan beberapa hal lain yang kurang menjadi perhatian. Anda mungkin menemukan bahwa anda sangat berminat pada beberapa hal yang mungkin tidak seorangpun dalam keluarga anda yang peduli. Darimanakah asalnya minat itu? minat itu berasalah dari Allah. So... Jangan mengabaikan berbagai minat anda, pertimbangkan bagaimana berbagai minat tersebut bisa dipakai untuk kemuliaan Tuhan.

Bagaimana anda mengetahui bahwa anda sedang melayani Allah dari hati anda? tanda penting yang pertama adalah antusisasme. Jika anda melakukan apa yang anda suka, tidak seorang pun harus memotivasi dan anda tidak memerlukan penghargaan atau tepuk tangan karena anda senang melayani dengan cara demikian. Tanda kedua dari melayani dengan hati adalah ke-efektif-an (mencapai tujuan yang mengakibatkan hasil yang baik). Kapanpun anda melakukan apa yang Allah tetapkan bagi anda untuk senang melakukannya, anda akan melakukannya dengan baik. Pikirkan apa yang anda senang melakukannya, yaitu apa yang Allah berikan keinginan kepada anda untuk melakukannya, lalu lakukanlah itu bagi kemuliannya.

Ability (Kemampuan), semua kemampuan kita berasal dari Allah. Dan karena kemampuan alami itu dari Allah, kemampuan tersebut sama "rohani"nya dengan karunia rohani anda. Setiap kemampuan bisa dipakai untuk kemuliaan Allah. Pikirkan apa yang mampu saya kerjakan, itulah yang Allah ingin saya kerjakan. Untuk menemukan kehendak Allah, anda perlu menguji dalam hal apa anda bagus dan dalam hal apa anda kurang.

Personality (Kepribadian). Allah memakai segala kepribadian, jadi mau kepribadianmu seperti apa, Allah bisa memakaimu dan tentunya kepribadian itu tidak menentukan pantas atau tidak nya kamu di dalam suatu pelayanan karena apapun kepribadianmu, kamu pantas untuk pelayanan dalam bidang apapun. Personality hanya akan mempengaruhi output-nya atau dengan kata lain akan mempengaruhi bagaimana dan dimana anda menggunakan karunia rohani atau kemampuan anda.

Experience (Pengalaman). Apabila umurmu sudah dikepala dua, tentunya anda sudah dibentuk dengan pengalaman - pengalaman di dalam hidup anda apalagi untuk umur yang lebih dari kepala dua. Allah mengijinkan pengalaman itu untuk tujuan-Nya membentuk anda. Pengalaman itu bisa dari keluarga, pendidikan, pekerjaan, rohani, pelayanan, dan bahkan sampai ke pengalaman menyakitkan pun bisa dipakai oleh Tuhan untuk membuat anda belajar dan menjadi orang yang lebih baik dan dari pengalaman menyakitkan tersebut dapat diungkap kemampuan positif lainnya dari diri anda. Example : pengalaman menyakitkan adalah dikeluarkan dari pelayanan karena susah diajak kerja sama, maka kamu akan belajar untuk memperbaiki skill team work kamu dan pada saat kamu memperbaiki hal tersebut maka ada hal positif lain yang berubah dalam hidup anda. Pengalaman pun bisa sebagai jalan untuk menemukan talenta atau kemampuan anda sehingga anda bisa menentukan pelayanan yang tepat untuk anda, seperti pengalaman pendidikan, ada murid yang suka mata pelajaran bahasa inggris dan dia cukup jago dalam bahasa inggris, karena dia punya pengalaman yang cukup maka dia bisa jadi interpreter dalam pelayanannya.

Pada saat memulai sebuah pelayanan tidak harus sudah ahli, kemampuan standar pun tidak apa - apan untuk terjun ke pelayanan yang penting pada saat sudah melayani dalam suatu bidang tertentu harus ada hasrat untuk belajar dan memperbaiki diri terus menerus tentunya agar menjadi ahli.

Tuhan berharap agar anda mengerjakan yang terbaik, Dia tidak mau anda kuatir atau iri dengan kemampuan yang tidak anda miliki. Dia ingin agar anda memusatkan perhatian pada talenta yang telah Dia berikan kepada anda untuk dipakai. Bagi anda yang masih belum menemukan pelayanan "SHAPE" anda, cara terbaik untuk menemukannya adalah dengan melakukan percobaan. Kalau anda tidak pernah mencoba anda tidak pernah akan tahu bahwa anda memiliki kemampuan tersebut, mungkin anda memiliki puluhan kemampuan dan karunia tersembunyi, but karena kalian tidak mau mencoba maka kalitan tidak pernah tahu dan tidak pernah sadar bahwa kalian punya talenta tersebut.

Tidak seorang pun memperoleh karunia mengajar yang sudah berkembang dengan lengkap, tetapi dengan belajar, latihan, seorang pengajar yang "BAIK" akan menjadi pengajar yang "LEBIH BAIK", dan dengan lewatnya waktu dan latihan yang terus menerus, orang tersebut akan bertumbuh menjadi pengajar "AHLI".

O ya hal diatas bisa juga digunakan untuk menemukan pekerjaan yang tepat di dunia kerja hanya saja konteks-nya melayani/pelayanannya diubah menjadi kerja/pekerjaan di dunia kerja.

Jujur waktu Dhie bawain sharing ini, bawaanya gugup dan takut ga nge-hit point - point pentingnya, but thankfully everything works with very nice and almost smooth, although ada beberapa hal yang bikin para 5'ers ga nangkep yang dimaksud karena Dhie ngomongnya terlalu cepet dan intonasi penyampaiannya terlalu tinggi jadi mereka ga nangkep hehehe sorry yah my prend hehehe.... I will fix it as soon as possible.

Once again Thanks GOD karena sudah membuat CG 1st time berjalan dengan lancar dan fun-nya juga ada hehehe....

penutup.... Dhie mau sampein ini aja sebelum arsitek merancang bangunan, mereka lebih dulu akan menanyakan, "untuk apa bangunan ini didirikan? akan digunakan untuk apa?" karena fungsi menentukan bentuk bangunan. Sama dengan kita, sebelum Allah menciptakan kita, Dia sudah memutuskan peran apa yang Dia ingin kita lakukan. So.... mau tahu peran apa yang kita harus lakukan di dunia ini baik di dunia kerja ataupun pelayanan, tentunya the basic thing adalah tanya sama pencipta kita, kita dicipta untuk apa di dunia ini, tanya disini maksudnya dengan mendekatkan diri kita lebih lagi sama pencipta kita. Setelah mendekatkan diri dan bertanya kepada pencipta kita, gunakan SHAPE ini untuk mempertegas apa yang kalian dapat setelah tanya kepada pencipta kita.

That's all, guyssss...... I hope you can get something from this post.....

See ya in the next post, guys....

No comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

 
Blogger Templates