Social Icons

Pages

Wednesday, March 16, 2016

After My Daddy Gone

9:01


After My Daddy Gone.....

Semua keluarga hanya bisa ngehina Dhie, ngatain Dhie anak yang ga sayang orang tua, ngatain ga sedih ketika Papa dipanggil Tuhan. Kalau ditarik kesimpulan yang mereka mau katakan adalah saya ini anak durhaka.

Mereka bisa ngomong begitu pun Dhie ga kaget karna pada saat Orang Tua Dhie pindah tempat tinggalnya ke Bogor, Dhie ga dateng ke pembukaan tokonya, ga bantuin pada saat pindahan rumah dan sebagainya. Hanya herannya Orang Tua Dhie ga pernah berfikir kenapa Dhie ngelakuin itu yang mereka lakukan hanyalah nge judge Dhie bahwa Dhie ga sayang sama orang tua dan ga peduli sama mereka. Pada saat Dhie di Bandung, itu pertama kalinya Dhie merasa bebas dan bener – bener bahagia karna selama hidup sama keluarga hati ini tuh sakit banget, jadi pas ke Bandung bener – bener dalam kondisi sakit hati dan di Bandung adalah masa tahap pemulihan untuk bisa ngampunin setiap kesalahan yang dibuat Papa, Mama dan Koko.

Balik lagi ke after Papa dipanggil Tuhan. Pada dipanggil Tuhan di 30 December 2008, ga enak banget yah tanggalnya haha... karna pada saat tersebut kita udah plan buat rayain new year bareng dan memang kita rayain new year bareng tapi di rumah duka #Sad. Tahun 2009 adalah tahun Dhie akan mengakhiri masa kuliah, dan pada saat Papa ga ada pun itu dimana Dhie lagi ngerjain Kerja Praktek yang akhirnya terbengkalai karna kondisi keluarga yang shock ditinggal Papa, walaupun akhirnya bisa kumpul tapi Dhie ga puas dengan hasilnya karna dalam pengerjaan yang ada hanya disuruh pulang sama Koko untuk temenin Mama, memang betul Mama perlu ditemenin tapi gw juga stress mikirin Kerja Prakter yang harus kumpul dan belum lagi harus penentuan judul untuk Tugas Akhir yang deadline pengumpulan judul di Maret 2009. Walaupun dengan kondisi yang bikin Dhie stress banget baik dari keluarga dan tekanan di kuliah, akhirnya Laporan Kerja Praktek bisa kekumpul di detik – detik akhir, dan bersyukur juga dengan hasil yang ga maksimal masih dikasih nilai A sama dosen pembingbing #ThanksGOD.


Setelah Kerja Praktek, tugas berikutnya yang harus segera dibereskan adalah Tugas Akhir. Tekanan dari keluarga pun belum berakhir, koko masih marah – marah terus karna nganggep Dhie hanya main doank dan ga ada kerjaan di Bandung bukannya nemenin Mama yang sendirian di Bogor, padahal Dhie struggle buat tuntasin Tugas Akhir dan selain tugas akhir Dhie juga ada kerja magang di dua pekerjaan, so walaupun di akhir kuliah (semester 8) Dhie ga ada kuliah tapi Dhie ga hanya maen dan diem atau tidur seharian di kamar kosan. Dalam pengerjaan Tugas Akhir pengajuan judul pertama sempet gagal karna ditolak oleh objek pengamatannya dan untuk pengajuan sampai ditolak butuh waktu 1 bulan lebih, pengajuan dimulai di sekitar kurang lebih pertengahan January dan hasil keputusan keluar kurang lebih di awal maret. Batas penerimaan judul Tugas akhir adalah di 31 Maret so waktu Dhie untuk ubah judul dan materi hanya 2 mingguan sebelum dikumpul dan tunggu jadwal seminar judul dan seminar judul sudah harus terlaksana di 31 Maret kalau mau ikut wisuda di Oktober 2009. Full of pressure dan Dhie ga bisa lulus lebih dari 4 tahun karna keluarga besar akan bisa maki – maki Dhie dan makin ngehina Dhie karna Dhie kuliah dibiayain dan biaya hidup kuliah pun dibiayain buka sama Orang Tua tetapi oleh adenya papa, jadi Dhie ga boleh gagal di kuliah ini karna track record Dhie di keluarga super ga bagus, Dhie terkenal dengan orang yang paling bego so gagal bukan pilihan di kuliah ini.

Awalnya Dhie pengen laporan Tugas Akhir ini dengan objek pengamatan yang menantang dan sebuah perusahaan bisnis yang commerceal dan real. But at the end Dhie hanya terjebak dengan satu objek pengamatan dimana Dhie kerja magang di perpustakaan kampus. Konsultasi dengan dosen dan dosen yang nganjurin pake perpustakaan tersebut karna sudah tidak ada waktu dan saya kerja disana so akan lebih cepat untuk bisa kejar seminar judul sebelum tanggal 31 Maret. Akhirnya Dhie nurut sama itu dosen dan Akhirnya Dhie bisa seminar judul tepat di tanggal 31 Maret 2008 #ThanksGOD.

Pada saat hectic dan pressure ngerjain Tugas Akhir, cercaan dari keluarga ga berenti, koko masih marah – marah, masih dihina sama keluarga karna ga pernah nemenin mama, mama selalu nangis dan merasa hanya dirinya sendiri yang paling sedih ketika ditinggal Papa. How about me? Who care about my heart? Pada saat 2008 akhir, Dhie tahu bahwa tahun depan Dhie akan lulus dan Dhie sudah buat plan bahwa Dhie mau ke kerja di JKT biar deket sama keluarga dan biar bisa sering family time sama keluarga karna pada saat 2008 hati Dhie sudah pulih dan ga sakit lagi dengan segala luka yang mereka pernah buat terhadap Dhie di masa lalu. Tapi semua itu buyar ketika Papa harus dipanggil Tuhan di akhir 2008. Dhie juga stress karna plan yang sudah dipikirin ga akan pernah kejadian dan ketika saya lulus dari kuliah pun di foto wisuda tidak akan pernah ada foto Papa dan rasanya baru kali ini pengen keluarga tuh nyaksiin saya di wisuda karna Dhie udah cukup doing well lulus on time 4 tahun dengan IPK ga jelek2 banget yaitu lulus diatas IPK 3 setelah dimasa kecil dikatain otak dengkul, otak udang dan kenapa bisa naik kelas. Pada saat itu mikirinnya aja udah sedih, dan pada saat ngerasainnya ketika wisuda ga ada Papa semakin Baper.

After Papa meninggal, tiap malem Dhie juga ga bisa tidur karna hampir setiap hari mimpiin Papa terus dan mimpinya selalu dengan hal yang sama walaupun setinggannya beda – beda yaitu mimpiin papa meninggal terus hidup lagi. Mimpi kaya begitu terus berlangsung selama tahun 2009 dan mulai berkurang ketika di tahun 2010. Mama pernah nanya pernah mimpiin Papa gak? Saya jawab ga pernah, karna pada saat itu bingung mau cerita takut bikin Mama sedih karena mimpinya terlalu banyak, jadi pilih bilang ga pernah, dan mungkin keluarga pun jadi berfikir bahwa saya ga sayang Papa kali yah hahaha gara – gara saya cerita ga pernah dapet mimpi (untuk hal ini ga pernah tahu sih, hanya judging sendiri aja hehe..)

Salah satu penyesalan Dhie terbesar adalah ketika Papa Dhie dipanggil Tuhan, Dhie baru sadar ternyata..... ternyata yang selama ini perhatian sama Dhie itu yah Papa bukan Mama atau Koko, memang Papa orangnya keras tapi cinta kasihnya itu bukan ucapan tapi tindakan. Dulu ketika pulang ke Bogor, Dhie selalu bingung karna selalu ada makanan dan minuman yang Dhie suka, Dhie pikir itu kerjaan si Mama, tapi ternyata itu semua yang nyediain Papa karna ketika Papa udah ga ada, ga pernah ada lagi makanan dan minuman yang Dhie suka malahan ketika Dhie mau beli di retail store Mama malah ngomel kalau Dhie beli makanan dan minuman itu. My heart more broke ketika Dhie menyadari hal tersebut ketika papa sudah ga ada. Pada saat Dhie kuliah jujur Dhie ga pernah telpon Orang Tua karna masalah kepaitan yang buat Dhie males ngobrol sama orang tua, pada saat momen itu yang sering telpon itu Papa tapi Dhie juga ga kepikir kalau itu inisiatif Papa dipikir inisiatif Mama. Ini juga baru Dhie sadari ketika Papa udah ga ada, ga pernah ada yang telpon Dhie untuk tanya kabar atau sekedar ngobrol apapun juga, pada saat Papa ga ada setiap telpon yang diterima hanya omelan, cacian dan tekanan.  Hati Dhie hancur untuk kesekian kalinya, karna Dhie menyia – nyiakan kasih sayang seorang Papa dan lebih nyesel dan sakitnya adalah Dhie sadar ketika Papa udah ga ada, mau minta maaf orangnya udah ga bisa denger, mau bilang I love u too Dad udah ga bisa juga, the biggest regret of my life.

So di 2009 kaya ada blackhole yang besar banget dalam hati Dhie, sangat butuh kasih sayang, tapi siapa yang bisa kasih? Nobody selain Tuhan. I just alone facing this situation. And more worse Dhie juga lose connect sama Komsel yang Dhie bernanung karna lagi ada blackhole di hati Dhie jadi Dhie juga nuntut mereka untuk bisa kasih perhatian ke Dhie walaupun Dhie ga info secara terang – terangan, cuman kesel – kesel sendiri dan mulai menjauh dari mereka.

Back to Tugas Akhir....
Masalah di Tugas Akhir tidak hanya pada saat diawal, karna setelah selesai seminar judul di tanggal 31 Maret 2008, Dhie punya tugas yang lebih berat untuk selesain semua materi dan bab tugas akhir di pertengahan Juni 2008. So... Dhie hanya punya waktu 2 bulan setengah untuk selesai Tugas Akhir tersebut. Pada pertengahan Juni, Tugas Akhir Dhie ga bisa kumpul karna pada saat awal Juni dosen pembingbing Dhie pun harus keluar kota selama 2 minggu, so Tugas Akhir Dhie ga bisa kumpul untuk pengajuan ke semiar isi. Worse feeling ever.... karna kegagalan untuk lulus 4 tahun pun didepan mata, dan lebih parahnya kalau sampe Dhie ga lulus mungkin Dhie akan salahin tuh dosen terus hahaha....  Akhirnya Dhie bisa kumpulin Tugas Akhir Dhie untuk bisa pengajuan ke Seminar Isi (Thank You Dosen Pembingbing), tapi pada saat itu temen – temen Dhie udah di tahap Sidang Akhir dan Dhie baru ngumpulin untuk pengajuan Seminar Isi (ketinggalan banget). Pada saat itu Dhie udah pasrah, Dhie hanya bisa lakuin yang terbaik dan Tuhan yang lakuin sisanya. Ketika temen – temen Dhie udah beres sidang akhir, ngumpulin laporan final dan daftar wisuda, Dhie baru aja mau sidang akhir. Somehow Dhie bisa selesain Tugas Akhir semuanya dan bisa daftar wisuda juga di hari terakhir pendaftaran wisua. Kalau mikir lagi kejadian – kejadian tersebut hanya bisa bersyukur sama Tuhan karna bisa dikasih anugrah lulus 4 tahun. Very grateful karna banyak temen yang sudah pesimis, tapi ternyata bisa juga. Di kala stress, sedih, tertekan, Tuhan masih baik banget kasih anugrahNya untuk Dhie bisa lulus. #AmazingGrace

Ga ada satu pun di keluarga yang tahun how painful my heart ketika ngejalanin kehidupan di 2009 after Papa ga ada. They just can yelling, never support or maybe support but without ketulusan haha...  dan tentunya hanya bisa give me a tons pressures.

Kejadian ini udah lama..... 7 tahun lalu, udah basi dan ga harus dibagiin. But I don’t know why my heart really push me right now to share this story.... karna mungkin segala kejahatan yang pernah saya buat ke orang tua karmanya baru dirasakan di tahun ini. Hanya kalau berfikir lagi, ga pernah pengen dilahirkan sebagai anak kecil yang punya kepaitan sama keluarga, kalau boleh milih pasti pengen jadi anak yang bisa sayang ke Orang Tua dan keluarga dari kecil sampai selama – lamanya. I accept segala buah yang dihasilkan dari tindakan kepahitan tersebut, hanya dalam pikiran masih terbersit siapakah yang harus disalahkan bila ada satu pribadi yang kepahitan? Apakah orang yang merasa kepahitannya yang harus selalu disalahkan karna punya hati yang sensitif dan gampang terluka? Atau pribadi lainnya yang terus – menerus menyakiti dan tidak pernah sadar bahwa tindakannya bikin sakit hati orang? Kalau context orang dewasa dua – duanya bisa disalahkan untuk bahan improve pribadi masing2 yang satu agar tidak sensitif dan baper serta orang yang satunya lagi untuk tidak terus berkata kasar dan bikin sakit hari orang, tetapi bagaimana untuk seorang anak kecil? Yang tindakan yang dilakukannya pun tidak tahu itu benar atau salah? Dan seorang anak kecil itu hanya bisa mengartikan dari setiap tindakan dan ucapan yang diberikan Orang Tua dan keluarganya serta lingkungan disekitarnya karna mereka anak kecil mereka belum bisa berfikir kalau dikatain bodoh itu adalah untuk bikin anak tersebut terpacu untuk jadi pintar, mungkin ada anak kecil yang dikatain bodoh jadi ga terima dan malah mau membuktikan dirinya pintar, tetapi anak kecil pun punya kepribadian yang berbeda – beda dan apakah harus disalahkan anak kecil tersebut bila anak kecil tersebut sudah dari bawaan masa kecilnya melankolis?







No comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

 
Blogger Templates